Ini Kelebihan Pengiriman Barang Ekspedisi Laut

Pengiriman cargo bukan sesuatu hal yang asing jika Anda memiliki bisnis yang membutuhkan pengiriman melalui darat, udara maupun laut. Pengiriman cargo sendiri pun biasanya memuat barang-barang dengan jumlah dengan kuantiti yang banyak dan juga berat. Pada umumnya ada tiga armada pengiriman dalam yang digunakan oleh jasa ekspedisi yaitu adalah pengiriman barang yang menggunakan jalur darat udara dan laut. Masing-masing jalur pengiriman itu tentunya akan gunakan armada yang berbeda-beda. 


Salah satu jasa ekspedisi pengiriman yang banyak digandrungi masyarakat adalah jasa ekspedisi laut. Semua jasa ekspedisi jalur laut akan terhubung dengan Ekspedisi Muatan Kapal Laut.

Ekspedisi laut itu banyak digemari dikarenakan memiliki banyak keunggulan dan juga kelebihan. Jika Anda belum tau apa saja kelebihannya, Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.


Kelebihan Jasa Ekspedisi Laut


Kelebihan ekspedisi laut ini membuat banyak orang memilih untuk mengirim barangnya lewat jalur laut. Kelebihan yang dimaksud antara lain yaitu


1. Biaya lebih murah


Biaya murah yang dimaksud berbeda dengan jasa pengiriman barang yang murah, sedangkan ekspedisi laut ditujukan untuk mengangkut barang-barang yang banyak ataupun berat.


Jika anda ingin mengirim barang yang berat jika lewat ekspedisi biasa maka jatuhnya harga akan sangat mahal. Berbeda jika Anda menggunakan ekspedisi via laut yang biaya per kg nya rata-rata di bawah 5000 rupiah, tergantung lokasi tujuan dan jasa ekspedisi yang dipilih.


2. Bisa mengirim barang besar dan berat


Anda bebas mengirim barang dengan berat berapapun jika menggunakan ekspedisi laut. Namun setiap ekspedisi pengiriman juga memiliki beberapa ketentuan khusus, seperti berat minimal harus 20 kg, ada pula yang minimal 100 kg. 


Contohnya Jasa pengiriman barang besar dan berat dimana mereka menetapkan berat barang minimal sebesar 100 kg. Untuk berat maksimal biasanya tidak ada. Hanya saja pengirim kadang dikenai biaya khusus jika barang memang terlalu berat dan sulit diangkut.


3. Barang yang dikirim boleh apa saja


Jasa ekspedisi pengiriman barang berat selain lewat laut adalah lewat udara. Hanya saja pesawat tidak memperbolehkan barang yang mengandung cairan atau barang yang mudah meledak. 


Nah hal tersebut tidak menjadi masalah jika anda melakukan pengiriman lewat jalur laut. Ekspedisi laut juga memperbolehkan pengiriman beberapa barang yang biasanya dilarang, seperti:


Barang dengan cairan khusus seperti (parfum, cairan kimia, dll)

Barang yang mudah meledak dan tergolong berbahaya

Barang yang terdapat baterai aktif di dalamnya

Barang elektronik yang memiliki ukuran sangat besar

Kendaraan (mobil, motor) ...dan masih banyak lainnya.


4. Pengiriman cepat


Pengiriman yang cepat pastinya memiliki banyak jenis kapal yang mereka gunakan. Kapal yang dimaksud antara lain yaitu kapal pelni, kapal cargo atau kapal cepat, dan peti kemas atau kontainer.


Banyak banget kan? Karena itulah pengirimannya bisa cepat. Ini sama halnya dengan yang berlaku di jasa ekspedisi pengiriman barang sebagai jasa ekspedisi darat.


Kelebihan menggunakan ekspedisi laut benar-benar menguntungkan, bukan? Maka dari itu anda disarankan untuk menggunakan ekspedisi laut pada saat mengirim barang berat dalam jumlah besar. Sedangkan untuk jasa ekspedisi darat seringnya digunakan untuk mengirim barang yang ringan saja.